Jauhi Debat Bilamana Tak Ada Manfaatnya

Ilustrasi | Via youthmanual.com

Jauhi Debat Bilamana Tak Ada Manfaatnya
Hotnyus.com - Debat merupakan sebuah kegiatan yang saling beradu argumentasi antara kedua belah pihak atau lebih, debat biasanya dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok, biasanya perdebatan muncul ketika sedang mendiskusikan sesuatu permasalahan, sehingga menimbulkan sebuah perbedaan. 

Melansir Contohceramah.com, Berbicara soal debat memang tak akan ada habisnya, setiap hari pastinya kita akan menemui perdebatan, namun kembali kepada diri kita sendiri dan bagaimana kita menyikapinya.
.
.
Ustadz Syukron Muchtar, Lc mengatakan Berdebat asalnya adalah perbuatan yang tidak baik, karena ia membawa banyak keburukan. Diantara keburukannya adalah apa yang di nasihatkan Nabi Sulaiman -'alaihi assalaam- kepada anaknya : 
يَا بُنَيَّ، إِيَّاكَ وَالْمِرَاءَ، فَإِنَّ نَفْعَهُ قَلِيلٌ، وَهُوَ يُهِيجُ الْعَدَاوَةَ بَيْنَ الْإِخْوَانِ
.
“Wahai anakku, tinggalkanlah mira’ (jidal/berdebat) karena manfaatnya sedikit. Dan ia membangkitkan permusuhan di antara orang-orang yang bersaudara.” (Syu’abul Iman: 8076 Al-Baihaqi) .
.
Allah Ta'ala pun menghilangkan keberkahan pada orang-orang yang suka berdebat karena perbuatannya tersebut : 
أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الأَلَدُّ الْخَصِمُ
.
“Orang yang paling dibenci oleh Allah adalah orang yang paling keras debatnya.” (HR. Bukhari no. 4523) .
.
Bahkan, Baginda Nabi Muhammad -Shallallahu 'alaihi wa sallam- menjamin syurga bagi orang-orang yang menghindari dirinya dari berdebat : 
أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا
.
"Aku menjamin satu rumah di tepi syurga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia yang benar" (HR.Abu Dawud no.4800)
.
.
Ustadz Syukron melanjutkan, lebih baik hindari perdebatan bilamana tidak ada manfaatnya.
.
.
"Namun, ada kalanya berdebat tak bisa dihindari dalam kehidupan. Barangkali karena suatu perselihan yang harus dicari titik temunya melalui perdebatan, atau suatu aturan dalam fase kehidupan yang mesti ada sebuah perdebatan, seperti pilpres, pilkada, dsb"Ujarnya (red)
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Jangan lupa tag temenmu untuk saling berbagi informasi 👍, berbagi kebaikan sedikitpun, kelak akan ada perhitungannya di akhirat. InSyaaAllah jadi amalan jariyah untuk kita semua. Aamiin.
.
.
#infokyai #sunnah #ceramah #kajian #ustadz #islam #muslim #kebaikan #peduli #renungan #berbagipahala #dakwah #shalat #kerja #kebaikan #keburukan #menolong #dakwah #kematian #berbuatbaik #berdebat

Dapatkan Info Terbaru HotNyus.com, dengan Ikuti Via Email:

0 Response to "Jauhi Debat Bilamana Tak Ada Manfaatnya"

Posting Komentar

Follow by Email