Kodim 0201/BS Bersama Prajurit Yon Zipur dan Yonkav 6/NK Tanam Mangrove "Selamatkan Bumi"


Kodim 0201/BS Bersama Prajurit Yon Zipur dan Yonkav 6/NK Tanam Mangrove "Selamatkan Bumi"

Tidak dipungkiri bahwa dewasa ini lingkungan kita semakin hari semakin rusak. Sebagai contoh : banjir bandang, gunung meletus, tsunami, tanah longsor, dan kekeringan yang panjang selalu menghiasi layar kaca yang menjadi headline di media elektronik maupun media lainnya. 

Sebagaimana diketahui bahwa fungsi hutan sebagai penyaring gas karbondioksida dan penghasil oksigen juga semakin habis sehingga tercipta efek rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global. Lahan kritis di sekitar kita terus bertambah seirama dengan perkembangan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk.  

Saat ini pemerintah, khususnya TNI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan agar bencana yang terjadi akibat kerusakan lingkungan tidak merajalela. Salah satu upaya  pemerintah yang terus digalakkan untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan salah satunya dengan penghijauan.  

Program penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konspetual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Seperti yang dilaksanakan Kodim 0201/Berdiri Sendiri (BS),Kodam I/BB, Jum'at (14/06/2019) melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon Mangrove di Kelurahan Nelayan Indah,Kec Medan Labuhan, Sumatera Utara (Sumut).  


Penghijauan yang dilaksanakan Kodim 0201/BS ini dalam rangka memperingati HUT ke-69 Kodam I/BB diikuti pihak Kecamatan Medan Marelan,Polsek Medan Labuhan,perwakilan dari PT Coca-Cola, personel Babinsa, 100 orang prajurit Yonkav 6/Nagakarimata,prajurit Yon Zipur 25 orang beserta masyarakat 100 orang. 

Hadir dalam kegiatan ini, Pasiter Kodim 0201/BS Kapten Inf Romi Sembiring, perwakilan dari PT Coca Cola Nasoha, Danramil 08,19 dan 14 serta Camat Medan Labuhan dan para tokoh masyarakat. 

Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar masyarakat kita mengenal Hutan Mangrove yakni sekumpulan pohon atau semak-semak yang hidup dan tumbuh di daerah pasang surut (kawasan pinggiran pantai). 

Hutan Mangrove juga populer dengan sebutan Hutan Bakau, dikarenakan mayoritas populasi tanaman yang hidup pada Hutan Mangrove adalah tanaman bakau.

'Hadirnya Hutan Mangrove sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan Mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi, "ungkap Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Yudha Rismansyah melalui Pasiter Kodim 0201/BS Kapten Inf Romi Sembiring. (Dim0201)

Dapatkan Info Terbaru HotNyus.com, dengan Ikuti Via Email:

0 Response to "Kodim 0201/BS Bersama Prajurit Yon Zipur dan Yonkav 6/NK Tanam Mangrove "Selamatkan Bumi""

Posting Komentar

Follow by Email