Cegah Kerusakan Lingkungan, Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Atasi Hama Babi


Cegah Kerusakan Lingkungan, Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Atasi Hama Babi 

Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Kodim 0308/Pariaman Koptu Defrijal mengikuti acara buru babi yang dilaksanakan di Nagari Tapakis, Kec Ulakan Tapakis, Kab Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).   
Tujuan dari kegiatan berburu babi ini dalam rangka pemberantasan hama Babi dan membantu masyarakat untuk mencegah kerusakan tanaman pertanian masyarakat .

Koptu Defrijal Babinsa Koramil 07/ Pauh Kambar mengatakan kegiatan berburu hama Babi hutan ini dipimpin oleh dua orang  muncak, yaitu Tiar & Muncak Terong.  
Berburu dilaksanakan dengan menggunakan Anjing dan senjata Balansa.        

Kegiatan berburu babi hutan ini disamping warga Nagari Tapakis juga datang dari Nagai lubuk Alung, Toboh Gadang dan daerah lain. Pemburu lebih kurang sekitar 150 orang.

"Perkembangbiakan hewan Babi hutan yang cukup cepat sangat meresahkan masyarakat, khususnya para pelaku Tani Nagari Tapakis kecamatan  Ulakan Tapakis , karena akibat ulah babi hutan tanaman masyarakat hancur dan rusak sehingga tidak bisa lagi dipanen,"ungkap Koptu Defrijal".

Koptu Defrijal juga menambahkan bahwa  kegiatan berburu ini selain dapat menjaga kekompakan antar sesama masyarakat juga termasuk olah raga tradisional serta dapat mengurangi perkembang biakan Babi Hutan yang merupakan hama Tanaman.

Di tempat terpisah, Danramil 07/Pauh Kambar Kapten Inf Karman menyampaikan, dalam upaya membantu meringankan kesulitan masyarakat di wilayah koramil 07/Pauh Kambar Khususnya Nagari Tapakis , pihaknya senantiasa selalu akan berkoordinasi dengan instansi terkait dan para tokoh-tokoh setempat untuk selalu bersinergi berupaya memberikan dorongan dan motivasi untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat.

“Kami selaku aparat teritorial baik Danramil maupun Babinsa dilapangan akan terus berkoordinasi dengan PPL Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan para tokoh yang ada, untuk secara intensif melakukan pendampingan, memberikan dorongan motivasi kepada para petani untuk sama-sama menjaga dan mengembangkan pertanian dan perkebunan di wilayah Tiram Kec Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, kami selalu siap kapanpun dan dimanapun jika masyarakat memerlukan tenaga personel, kami akan selalu mendukung,” ungkapnya.(Dim0308)

Dapatkan Info Terbaru HotNyus.com, dengan Ikuti Via Email:

0 Response to "Cegah Kerusakan Lingkungan, Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Atasi Hama Babi "

Posting Komentar

Follow by Email