Pembangunan Embung di Tiga Desa Resmi Dimulai


Pembangunan Embung di Tiga Desa Resmi Dimulai
Musi Rawas,- Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Selasa (05/06/2018) meresmikan dimulainya pembangunan Embung di 3 Desa ini ditandai dengan peletakan batu pertama dan penandatangan prestasti pembangunan embung di Desa T2 Purwakarta, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas.

Pembanguan Embung di 3 Desa diantaranya Embung Desa T2 Purwakarya Kecamatan Purwidadi, Embung Desa Kota Baru Kecamatan STL Ulu Terawas dan Embung Desa Suka Makmur Kecamatan BTS Ulu. Pembangunan ini merupakan Bantuan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam  sambutannya mengukapkan rasa syukur atas telah dimulainya pembangunan  embung pertanian di 3 desa ini, dirinya berharap embung ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang pada akhirnya kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Dikatakan Bupati, Pembangunan Embung Desa ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian Desa PDT yang tujuannya untuk mendukung dan mengefektifkan sumberdaya alam desa sehingga dapat mendukung perekonomian masyarakat, khususnya untuk mendukung swasembada pangan.

Selain itu, ujar Bupati, kepada Pemerintah Desa dan masyarakat mengharapkan agar fasilitas ini dikelola, dimanfaatkan dan dirawat serta dijaga sebaik mungkin sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan.

Terkhusus kepada Menteri Desa PDT, Bupati mewakili seluruh Masyarakat Musi Rawas mengucapkan terimah kasih atas perhatian dan bantuan yang telah dan akan di berikan untuk daerah ini. Bupati terus berharap agar Kemendes PDT dan Kementerian lainnya terus memberikan perhatian sehingga daerah ini dapat terlepas dari status daerah tertinggal.

Kepala Dinas PMD Mura, Mefta Joni mengatakan untuk tahun 2018 ini, Kabupaten Mura mendapatkan bantuan 3 embung desa. Bantuan serupa juga diterima pada tahun 2017 lalu yang telah dibangun di Desa Marga Baru, Semangus Lama dan Bumi Makmur Kecamatan Muara Lakitan.

Kades T2 Purwakarya, Widodo mengucapkan terima kasih kepada Camat dan Bupati, terkhusus kepada Kemendes PDT atas bantuan pembangunan embung pertanian senilai Rp 270 juta yang dikelola secara swadaya. Dirinya memastikan bantuan ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin dan sesuai dengan terget yang diharapkan.

Dijelaskan Widodo, Embung dengan panjang 25, lebar 25 dan tinggi 2 m ini akan dibangun diatas lahan 2,5 ha  milik desa dan fiharapkan pembangunan embung pertanian ini dapat menyuplai lahan persawahan yang ada di desa ini seluas 20 hektar dan sebagian untuk menyuplay kebutuhan kolam ikan.

Kedepan, khususnya tahun 2019 mendatang, kata Kades T2 Purwakarya tetap akan mengajukan pengembangan embung pertanian desa ini menjadi embung wisata, mengingat posisi strategis desa yang berada di pusat ibukota kecamatan dan ditengah-tengah Kabupaten Musi Rawas serta didukung potensi alam yang ada di desa.

Acara peletakan batu pertama pembangunan embung pertanian ini juga dilaksanakan penanaman pohon penghijauan di sepadan embung oleh Bupati Musi Rawas dan undangan yang hadir.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas PUCKTR, Ristanto Wahyudi, Kadis Kebudayaan dan Parawisata,  Kadis Pertanian H Suharto, Unsur Tripika,  Perwakilan OPD Kabupaten Mura, Camat Sekabupaten  Mura, Kades dan Ratusan Masyarakat T2 Purwakarya. (Sahlin/KN)

Dapatkan Info Terbaru HotNyus.com, dengan Ikuti Via Email:

0 Response to "Pembangunan Embung di Tiga Desa Resmi Dimulai"

Posting Komentar

Follow by Email